Persyaratan Pencari Kerja Khusus :
- Kebutuhan dari masing-masing jabatan diperuntukan bagi pelamar dengan kriteria :
- Lulusan Terbaik (Cumlaude) adalah pelamar lulusan terbaik dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude / pujian pada ijazah atau transkrip nilai
- Putra/Putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria :
- Menamatkan pendidikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat, dan SMU/SLTA atau yang sederajat di wilayah Papua dan Papua Barat
- Berdasarkan garis keturunan orang tua (ayah kandung) asli Papua dan Papua Barat yang dibuktikan dengan Surat Akta Kelahiran pelamar, Fotokopi KTP ayah kandung, dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/kepala desa
- Umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana huruf a, b dan c diatas
- Pelamar sebagaimana angka 1 (satu) wajib memenuhi persyaratan pelamaran sebagaimana dalam pengumuman ini.
Persyaratan Pencari Kerja :
- Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap
- Tidak dalam kedudukan sebagai pengurus/anggota partai politik
- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/POLRI, BUMN/BUMD maupun sebagai pegawai swasta
- Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS
- Sehat jasmani dan rohani
- Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah
- Bebas dari narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir
- Usia pada tanggal 1 Oktober 2014:
- Minimal 18 tahun pada tanggal 1 September 2017
- Maksimal 25 tahun (lahir tanggal 1 Desember 1992 atau sesudahnya) untuk Diploma 3 (D3)
- Maksimal 27 tahun (lahir tanggal 1 Desember 1990 atau sesudahnya) untuk Sarjana (S1)
- Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 dari skala 4 untuk Perguruan Tinggi Negeri dan minimal 3,00 untuk Perguruan Tinggi Swasta
- Akreditasi :
- Lulusan Cumlaude : Perguruan Tinggi dengan akreditasi A dan Program Studi terakreditasi A padasaat lulus
- Putra / Putri Papua, Papua Barat dan Formasi Umum :
- Perguruan Tinggi Negeri dengan program studi akreditasi A, B dan C
- Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi akreditasi A dan B
- Bagi lulusan Perguruan Tinggi di Luar Negeri, harus melampirkan dokumen bukti Penyetaraan Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (sebagai pengganti Akreditasi dari BAN-PT) disertai dengan konversi IPK ke dalam skala 4
- Khusus jabatan Polisi Kehutanan memiliki persyaratan tambahan sebagai berikut:
- Memiliki tinggi badan minimal 165 cm (untuk laki-laki) dan 160 cm (untuk perempuan) dengan Indek Massa Tubuh (IMT) normal/ideal; dan
- Tidak buta warna, tidak berkaca mata (minus / plus) dan tidak cacat badan
Tata Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2017 :
- Pendaftaran secara online melalui website https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) untuk mendapatkan username dan password;Pendaftaran secara online melalui website https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) untuk mendapatkan username dan password
- Pada butir 1 (satu) agar diperhatikan dengan seksama bahwa pelamar hanya diperkenankan memilih 1 (satu) instansi
- Setelah pelamar mendapatkan username dan password, selanjutnya pelamar melakukan pendaftaran melalui website Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di http://cpnsonline.menlhk.go.id
- Pelamar hanya dapat memilih 1 (satu) formasi jabatan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
- Pelamar yang telah mendaftar secara online di http://cpnsonline.menlhk.go.id agar mengunduh (download) dan mencetak formulir pendaftaran di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai bukti pendaftaran bagi pelamar
- Pelamar menyampaikan dokumen pendaftaran berupa dokumen digital (hasil scan berwarna) dari dokumen asli sebagai berikut :
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
- Ijasah asli/legalisir (Surat Keterangan Lulus/Ijazah Sementara tidak diterima)
- Transkrip Nilai asli/legalisir
- Akreditasi Program Studi (dapat diunduh di website BANPT https://banpt.or.id)
- Bagi yang memilih formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat harus melampirkan :
- Ijazah asli/legalisir bagi yang menamatkan pendidikan SD, SMP / SLTP, dan SMU / SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat; atau
- Akte Kelahiran, KTP Bapak kandung, dan Surat Keterangan dari Kelurahan / Kepala Desa bagi yang berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua
- Dokumen pendaftaran disimpan dalam 1 (satu) file berbentuk Portable Document Format (pdf) dengan ukuran maksimal sebesar 500 kilobyte (kb) dengan urutan sebagaimana tercantum pada butir 6 (enam) di atas dan file tersebut diberi nama sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang bersangkutan (tanpa spasi). Contoh : 320408xxxxxxxxx1.pdf
- Dokumen pendaftaran didapat mengirimkan dengan cara mengunggahnya melalui website http://cpnsonline.menlhk.go.id pada saat pendaftaran secara online
- Dokumen pendaftaran yang tidak memenuhi syarat tidak akan diproses
- Dokumen pendaftaran yang diterima panitia menjadi hak milik panitia dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar
Pelaksanaan Seleksi :
- Seleksi melalui 3 (tiga) tahap yang meliputi:
- Seleksi Administrasi;
- Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), bobot 40% dari nilai total kelulusan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), yang terdiri dari :
- Tes Wawasan Kebangsaan,
- Tes Intelegensia Umum, dan
- Tes Karakteristik Pribadi
- Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), bobot 60% dari nilai kelulusan yang terdiri dari :
- Tes Substansi Bidang Tugas (wawasan umum lingkungan hidup dan kehutanan serta tugas teknis jabatan)
- Tes Psikotes, dan
- Tes Kesamaptaan.
- Lokasi pelaksanaan seleksi dapat dipilih oleh pelamar pada saat melakukan pendaftaran online dan keputusan akhirnya ditetapkan oleh Panitia dan bersifat mengikat. Lokasi pelaksanaan seleksi :
- Medan
- Jakarta
- Surabaya
- Banjarbaru
- Makassar
- Jayapura
- Seleksi administrasi dilakukan terhadap pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online (melalui website SSCN dan website Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) serta mengunggah dokumen pendaftaran dan memenuhi seluruh persyaratan
- Hasil seleksi administrasi, jadwal pelaksanaan SKID dan SKB dijadwalkan akan diumumkan lebih lanjut melalui website http://cpnsonline.menlhk.go.id;
- Seleksi pada setiap tahap dilakukan dengan sistem gugur.
Sistem Kelulusan :
- Hanya pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi yang berhak mengikuti SKID.
- Kelulusan SKID didasarkan pada nilai passing grade yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
- Peserta SKB adalah peserta yang lulus SKID dan secara peringkat tidak melebihi 3 (tiga) kali alokasi formasi yang dibutuhkan pada formasi jabatan tersebut
- Kelulusan akhir ditentukan berdasarkan hasil integrasi nilai SKID dan SKB yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
- Apabila terdapat peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri/digugurkan, dengan demikian Panitia dapat menggantikan dengan peserta yang memiliki peringkat terbaik di bawahnya
- Keputusan panitia dalam hal kelulusan bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Info Rekrutmen Lainnya :
- Panitia TIDAK MEMUNGUT BIAYA APAPUN dari peserta
- Peserta bersedia mengikuti seluruh tahapan seleksi atas biaya sendiri
- Kelulusan pelamar pada setiap tahapan tes ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau panitia
- Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar, dengan demikian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berhak menggugurkan kelulusan balk pada setiap tahapan tes maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
- Informasi resmi yang terkait dengan pengadaan CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Formasi Tahun 2017 hanya dapat dilihat melalui laman http://cpnsonline.menlhk.go.id, oleh karena itu pars pelamar disarankan untuk terus memantaunya
- Pelayanan informasi terkait pelaksanaan pengadaan CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Formasi Tahun 2017 dapat menghubungi call center di website http://cpnsonline.menlhk.go.id pada hari Senin s.d Jumat pukul 08.30 s.d 15.00 WIB.
Tata Cara Pendaftaran :
Dengan mengetahui kriteria dan kebutuhan rekrutmen yang telah dijelaskan diatas dengan demikian para pencari kerja yang merasa memenuhi persyaratan meliputi pendidikan, umur, dll dan memang merasa berminat dengan lowongan CPNS terbaru Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada bulan September 2017 diatas, hendaknya secepatnya untuk melengkapi dan menyusun berkas lamaran kerja seperti surat lamaran kerja, CV atau daftar riwayat hidup, FC ijazah dan transkrip dan pelengkap lainnya seperti yang telah dijelaskan diatas guna mendaftar dan mengikuti seleksi masuk penerimaan pegawai baru di instansi yang dimaksud, sebelum itu silakan cek PENGUMUMAN, ALOKASI TIAP FORMASI DAN JADWAL PELAKSANAAN melalui link di bawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar