Sabtu, 23 September 2017

Lowongan CPNS BKKBN Terbaru 2017

Kriteria Pelamar :
  1. Kebutuhan dari masing-masing jabatan di peruntukan bagi pelamar dengan kriteria :
    1. Cumlaude adalah pelamar lulusan terbaik (cumlaude/dengan pujian) dan Perguruan Tinggi terakreditasi A/ Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude/pujian pada ijasah atau transkrip nilai.
    2. Disabilitas adalah pelamar yang menyandang disabilitas/berkebutuhan khusus dengan kriteria mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi
    3. Putra/ Putri Papua dan Papua Barat adalah Pelamar dengan kriteria :
      1. Menamatkan Pendidikan SD atau yang sederajat, SMP atau yang sederajat, dan SMA atau yang sederajat di wilayah Papua dan Papua Barat dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang dilegalisir; atau
      2. berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua dan Papua Barat (yang dibuktikan dengan Surat Akta Kelahiran pelamar, fotokopi KTP Bapak (Ayah Kandung), dan Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Desa.
    4. Umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria sebagaimana huruf a, b dan c diatas.
  2. Pelamar sebagaimana angka 1 (satu) wajib memenuhi persyaratan pelamaran sebagaimana dalam pengumuman ini.

Persyaratan Pencari Kerja :
  1. Warga Negara Indonesia yang Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia
  2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/ BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  3. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, Calon/Anggota TNI/POLRI dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah
  4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis
  5. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatan yang dilamar
  6. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar
  7. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA) dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku, wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir
  8. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
  9. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Pelamar umum dan Disabilitas minimal 2,75 (dua koma tujuh puluh lima) bagi lulusan Program Studi Terakredtitasi A dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol) bagi Lulusan Program Studi Terakreditasi B
  10. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi pelamar formasi putra/i papua minimal 2,50 (dua koma lima puluh) dengan minimal Lulusan Program Studi Terakreditasi B
  11. Berijazah, lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) minimal B atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapatkan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/Kemenristekdikti. Surat Keterangan Lulus / Ijazah Sementara tidak berlaku
  12. Usia pelamar pada tanggal 1 September 2017 Maksimal 33 Tahun 0 Bulan 0 Hari
  13. Pelamar mendaftar pada formasi sesuai dengan domisili/tempat tinggal yang tercantum dalam KTP. Apabila domisili/tempat tinggal pelamar tidak sesuai dengan alamat KTP, yang bersangkutan hams membuat surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa yang menyatakan yang bersangkutan telah berdomisili/bertempat tinggal diwilayah tersebut minimal 1 tahun
  14. Bagi yang sudah menikah diutamakan memiliki anak maksimal 2 (dua) orang sesuai dengan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)

Tata Cara Pendaftaran :
Dokumen persyaratan terdiri dari :
  1. Surat lamaran ditujukan Kepada Kepala BKKBN di Jakarta, diketik menggunakan Komputer, bermaterai Rp. 6000,- dan ditandatangani Yang Bersangkutan dengan pena bertinta hitam dengan menyebutkan jabatan yang dilamar (format Surat lamaran dapat diunduh dihalaman : https://sscn.bkn.go.id)
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Tata Cara Pendaftaran Sipil (Dukcapil)
  3. Apabila domisili/tempat tinggal pelamar tidak sesuai dengan alamat KTP, yang bersangkutan hams membuat surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa yang menyatakan yang bersangkutan telah berdomisili/bertempat tinggal diwilayah tersebut minimal I tahun ;
  4. Fotokopi Ijazah dan transkrip nilai akademik yang sudah dilegalisir cap basah (stempel dan tanda tangan asli Dekan/Pembantu Dekan Bidang AkademildDirektur Program/Rektor) dan surat keterangan akreditasi bagi yang ijazahnya tidak mencantumkan akreditasi;
  5. Surat Pernyataan hams diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp. 6000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam (format surat pernyataan dapat diunduh dihalaman : https://sscn.bkn.qo.id atau bkkbn.go.id)
  6. Pas foto berlatar belakang warna biru berukuran 3 x 4 (2 lembar)
  7. Berkas 1 – 6 disusun berurutan dan dimasukkan ke dalam map dengan ketentuan:
    • Warna Merah : S1 Komunikasi
    • Warna Biru : S1 Kesehatan Masyarakat
    • Warna Hijau : Si Psikologi
    • Warna Kuning : S1 Sosial
  8. Pada map ditulis (dengan huruf balok) :
    • Nama Peserta :
    • No. Pendaftaran Registrasi Online :
    • Kualifikasi Pendidikan :
    • Jabatan yang dilamar :
  9. Map dimasukkan dalam amplop tertutup dan didapat mengirimkan ke PO BOX yang telah ditentukan oleh panitia dengan batas waktu tanggal 11 s.d 25 September 2017 (stempel pos) 
    PANITIA PENERIMAAN CPNS BKKBN TH. 2017
    BIRO KEPEGAWAIAN BKKBN
    PO BOX 2200
    JKT 13000 
    Berkas yang dimaksud pada nomor (7), masing-masing harus di scan dan kemudian berkas hasil scan tersebut diunggah/upload ke dalam website sscn.bkn.go.id dengan nama yang jelas sesuai dokumen
  10. Panitia akan mengumumkan hasilseleksi administrasi berkas pada tanggal 30 September 2017
  11. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi harus datang langsung ke kantor BKKBN (tidak boleh diwakilkan) pada tanggal 2 s.d 6 Oktober 2017 untuk melakukan pendaftaran ulang dan mencetak kartu tanda peserta ujian tertulis tes kompetensi dasar dan kompetensi bidang, dengan membawa:
    1. Bukti registrasi online
    2. KTP asli
    3. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar dengan latar belakang wama biru
    4. Ijazah dan tranship nilai asli (untuk ditunjukkan kepada Panitia pada saat pengambilan nomor ujian)
    5. Khusus formasi putra/i Papua dan Papua Barat membawa :
    6. Fotokopi ijazah SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di wilayah Papua dan Papua Barat yang telah dilegalisir; atau
    7. Surat akta kelahiran pelamar, fotokopi KTP Bapak (ayah kandung) dan Surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/desa
  12. Peserta wajib berpakaian bebas, rapi dan sopan (tidak memakai celana jeans, kaos dan sandal) pada saat pengambilan kartu tanda peserta ujian.

Tahapan Seleksi :
  1. Seleksi Administrasi;
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 40%
  3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdiri dari :
    1. Psikotes/Test praktik kerja komputer dengan bobot 50%
    2. Wawancara dengan bobot 50%

Sistem Kelulusan :
  1. Kelulusan Seleksi Administrasi :
    Kualifikasi pendidikan sarjana/S1 didasarkan pada hasil verifikasi yang telah diunggah dan kelulusan seleksi administrasi akan diumumkan melalui situs www.bkkbn.go.id
    Bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib mencetak kartu peserta ujian pada saat registrasi ulang melalui laman https://sscn.bkn.go.id
  2. Kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didasarkan pada nilai passing grade yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
  3. Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah peserta yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  4. Kelulusan akhir ditentukan berdasarkan hasil Integrasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Info Lain – Lain :
  1. Pengumuman penerimaan dilakukan melalui website bkkbn.go. id pada tanggal 5 s.d 19 September 2017 
  2. Terhadap peserta yang tidak hadir dan/atau tidak mampu mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang ditetapkan,dengan demikian dinyatakan gugur
  3. Apabila terdapat peserta yang telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri/digugurkan,dengan demikian panitia dapat menggantikan dengan peserta yang memiliki peringkat terbaik dibawahnya berdasarkan hasil keputusan rapat
  4. Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Apabila ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, dengan demikian hal tersebut merupakan tindakan calo/penipuan, dan kepada para peserta, keluarga dan pihak lain dilarang memberikan sesuatu dalam Peraturan Perundang-Undangan terkait pelaksanaan seleksi CPNS Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), apabila diketahui dengan demikian akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku dan digugurkan kelulusannya
  5. Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau dikemudian hari setelah adanya pengumuman kelulusan akhir, diketahui terdapat keterangan pelamar yang tidak sesuai/tidak benar, panitia seleksi dapat menggugurkan kelulusan yang bersangkutan
  6. Pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya
  7. Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat
  8. Panitia hanya memproses lamaran yang dikirim melalui PO BOX.
  9. Pelayanan dan penjelasan informasi terkait pelaksanaan seleksi CPNS Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Tahun Anggaran 2017 dapat menghubungi Call Center/WA : 081316921103 / 021-8098018 ext 222, 223 akan dilayani pada hari kerja mulai pukul 08.30 sampai 16.00 WIB dan Help Desk twitter: @BKKBNofficial
  10. Informasi resmi yang terkait dengan proses seleksi penerimaan CPNS Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dapat dilihat melalui website www.bkkbn.go.id

Tata Cara Pendaftaran :
Dengan mengetahui kriteria dan kebutuhan rekrutmen yang telah dijelaskan diatas dengan demikian para pencari kerja yang merasa memenuhi persyaratan meliputi pendidikan, umur, dll dan memang merasa berminat dengan lowongan CPNS terbaru Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada bulan September 2017 diatas, hendaknya secepatnya untuk melengkapi dan menyusun berkas lamaran kerja seperti surat lamaran kerja, CV atau daftar riwayat hidup, FC ijazah dan transkrip dan pelengkap lainnya seperti yang telah dijelaskan diatas guna mendaftar dan mengikuti seleksi masuk penerimaan pegawai baru di instansi yang dimaksud, sebelum itu silakan cek PENGUMUMAN, RINCIAN FORMASI DAN JADWAL PELAKSANAAN melalui link di bawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar